DISTAN ACEH TENGAH " SELENGGARAKAN LAT"

Kategori : Government Selasa, 23 Oktober 2018

       Lomba asah trampil kelompok tani  Aceh Tengah diselenggarakan di halaman kantor Dinas Pertanian Kabupaten Aceh Tengah.  Peserta  yang ikut berkompetisi merupakan pemenang  lomba asah terampil  tingkat kecamatan yang  berasal dari  15  Balai Penyuluhan Pertanian sekabupaten Aceh Tengah. Dewan juri terdiri dari kepala bidang penyuluhan, perkebunan, peternakan dan kesehatan hewan, pangan, hortikultura dan kelompok jabatan fungsional. Untuk membantu kelancaran tugas dewan juri juga ditetapkan  dua orang pengamat dari jabatan funsional Dinas Pertanian Aceh Tengah, demikian disampaikan ketua penyelenggara Ir.Sulwan Amri.  

     Kegiatan ini dibuka oleh  plt. kepala dinas pertanian kabupaten Aceh Tengah H.JUANDA,SP sabtu 20 Oktober 2018, Kepala dinas dalam sambutan  singkatnya  mengatakan bahwa lomba asah trampil ini merupakan  ajang kompotisi sehat untuk menguji kemampuan dan keterampilan kelompok tani yang dibina oleh para penyuluh pertanian di wilayah kerjanya masing-masing. Bagi yang menang dalam perlombaan ini  nantinya dapat dipastikan sebagai kelompok tani berwawasan  pengetahuan dan keterampilan  yang dapat diandalkan di tengah masyarakat terutama menggalang usaha untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahtraan keluarga tani. Harapan kami  teknologi dan informasi   pertanian  yang sudah  diasah bersama penyuluh di lapangan terus dikembangkan untuk mewujudkan pembangunan pertanian di dataran tinggi Gayo.

            Selanjutnya  perlombaan  babak penyisihan dimulai dengan  menampilkan 5  regu A,B,C,D dan E  masing-masing putaran I, II dan III.    Sejumlah so’al dan pertanyaan  yang diperuntukan kepada peserta lomba asah trampil ini , kelihatannya mampu terjawab sampai 98 %, sehingga untuk menentukan skor nilai yang berbeda secara signifikan cukup sulit, dewan juri  kembali membacakan beberapa  so’al tambahan untuk mencari perbedaan nilai diantara regu-regu yang bertanding, demikian upaya menentukan yang berhak masuk di babak final.

       Dalam babak final, penyelenggara mempersiapkan sejumlah   so’al  berisikan ruang lingkup   bidang perkebunan, peternakan, hortikultura, pangan dan kelembagaan kelompok tani serta  pengetahuan umum lainnya. Selain butuh ketelitian dalam memberi jawaban  peserta juga harus lolos  dari uji keteramilan peraktek  dengan alat dan bahan yang sudah dipersiapkan oleh panitia penyelenggara.  

      Semua  peserta lomba asah trampil berusaha maksimal ingin meraih kemenangan dalam ajang perlombaan ini, namun faktor  nasip dan keberuntungan berpihak kepada  kelompok tani “Mekar Jaya” dari kecamatan Kute Panang   berhasil meraih Juara I. Tropy dan hadiah uang tunai Rp.4.500.000.- langsung diserahkan  oleh bupati Aceh Tengah Drs.SHABELA ABUBAKAR. Juara II direbut oleh kelompok tani   “Tunes Ayu”dari  kecamatan Bies, tropy dan hadiah uang tunai Rp.3.500.000 diserahkan oleh asesten  dua   AMIR HAMZAH. Sedangkan kelompok tani  “Harapan Jaya” dari kecamatan Linge harus puas menjadi pemenang ke III, hadiah dan tropy diserahkan oleh kepala dinas pertanian kabupaten Aceh Tengah  H.JUANDA,SP.  Juara harapan I kelompok tani “Pasir” kecamatan kebayakan, harapan II kelompok tani “Musara Ate” kecamatan Pegasing dan harapan III kelompok tani “Kalang Ilang dari kecamatan Lut Tawar.  

      Bupati  Aceh Tengah Drs.SHABELA ABUBAKAR dalam menjawab pertanyaan dari beberapa media, mengatakan bahwa kegiatan lomba asah trampil ini sangat positif dan salah satu upaya meningkatkan sumber daya manusia terutama kelompok tani yang menjadi pelaku utama di pedesaan.  Keberhasilan lomba asah terampil ini juga salah satu bukti penyuluh pertanian sudah berbuat sesuai tufoksi  mereka di lapangan. Pemerintah daerah kabupaten Aceh Tengah mendukung dan memberi aprisiasi kepada pihak penyelenggara lomba asah trampil, agar tahun depan dapat dilaksanakan lebih meriah lagi. )*

     )*Abdurrahman,sp 

 

Sosial

Sholat

Kota: Banda Aceh
Lat: 5.53
Lng: 95.32