"MENYISIR " KEGIATAN PENYULUH DATARAN TINGGI

Kategori : Government Kamis, 06 Desember 2018

Liputan  : ABDURRAHMAN,SP

        Dinas Pertanian dan perkebunan provinsi Aceh melakukan monitoring dan evaluasi (MONEV) terhadap kinerja penyuluh di kabupaten Aceh Tengah 5 Desember 2018. Banyak Penyuluh yang sudah mengikuti berbagai pendidikan dan pelatihan di Balai Diklat Saree Aceh, merupakan tempat pendidikan dan pelatihan bagi personil penyuluh pertanian berbagai materi baik teknik tematik maupun dasar lainnya dalam beberapa angkatan.
Dirasa sangat perlu untuk mengetahui apa saja kendala yang dihadapi penyuluh dalam menerapkan jurus dan ilmu budidaya yang diperoleh dari ruang diklat tersebut.
          Kegiatan monitoring ini bertujuan untuk mencari informasi tantang sebab dan akibat dari suatu kebijakan yang sudah atau sedang dilakukan. Melalui monitoring juga dapat diketahui ketidak sesuaian perencanaan sehingga dapat diperbaiki agar tidak menimbulkan resiko lebih besar.
Sekaitan dengan monitoring ini tidak terlepas dari pendampingan penyuluh terhadap berbagai kegiatan di kabupaten kota, di kecamatan dan di desa, maka kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Aceh juga mengharapkan agar kegiatan Demonstrasi Plot yang wajib dilakukan di setiap Balai Penyuluhan Pertanian sesuai komoditas yang diajukan turut dipantau dalam pelaksnaan Monev ini, demikian diungkapkan HASBALLAH pada awal kunjungan ke Aceh Tengah

A. DENFARM BPP BINTANG

          Denfarm Bawang Merah juga dilakukan di Kecamatan Bintang seluas lebih kurang 2 hektar tepatnya di Mengaya bersama kelompok tani. Kegiatan ini dilakukan sebagai uji tehnik Pengendalian Organisme Pengganggu Tanam khusus bawang merah. Balai Penyuluh Pertanian bersama petani berkeinginan besar untuk dapat mengendalikan hama penyakit dengan metode “RAMAH LINGKUNGAN” tak lain adalah perangkap yang menggunakan bahan pemikat serangga pejantan FEREMON EXI . Penyuluh Demonstrator MUHAMMAD KASIM menjelaskan sedetilnya konsep pertanian organik yang dibacanya lewat liratur kepada PEMONITORING dari provinsi ini, namun KASIM juga harus mengakui kelemahannya apa yang sudah dia lakukan bersama petani binaan di lapangan tidak ditulis dan dipublikasinya.

B. DEMPLOT BAWANG MERAH BPP BINTANG

         Balai Penyuluhan Pertanian kecamatan Bintang melakukan kegiatan Demonstrasi Plot dengan komoditi Bawang Merah, sasaran yang ingin dicapai adalah mencari varietas yang lebih cocok dikembangkan antara lokal dan batu Ijo. Kepada kepala Balai Penyuluh Pertanian Bintang HASBALLAH menitipkan pesan agar program pengembangan komoditi apapun hendaknya diprioritaskan kepada petani yang berkemauan tinggi sehingga mudah dibina dan berhasil dengan demikian diharapkan petani lain akan mencontoh.


C. DEMPLOT CABE BPP KEBAYAKAN

         Demonstrasi Plot yang menjadi kegiatan penyuluh di Balai Penyuluhan Pertanian Kebayakan adalah komoditas Cabe dengan perlakuan uji pupuk kandang dari kotoran, kuda, kerbau , safi , kambing dan ayam dengan dosis yang sama.
Kepala BPP Kebayakan Ayusera Putri Gayosia,Sp menjelaskan tujuan demplot ini adalah untuk mengetahui jenis kotoran ternak apa yang memberi pengaruh nyata terhadap perumbuhan dan produksi tanaman cabe dan untuk pelaksanaan berbagai perlakuan ini diserahkan kepada penyuluh sehingga data dan dokumen akan lebih akurat karena fokus ditangani oleh pelaku. Pada umur tanaman 15 hst hasil pengamatan pertumbuhan belum tampak ada perbedaan yang nyata.


D. DEMPLOT CABE BPP BEBESEN

    Balai Penyuluh Pertanian Bebesen yang baru saja menempati komplek kantor yang belum selesai dibangun, sudah memanfaatkan perkarangan Balainya sebagai tempat pelaksanaan Demonstrasi Plot komoditas Cabe.
DIRWAN,SP Kepala Balai menjelaskan, BPP Bebesen lebih mengutamakan efesiensi pemanfaatan lahan perkarangan kantor, sehingga pelaksanaan demplot mereka juga baru diawali setelah pindah berkantor di awal bulan Nopember yang lalu. Sambil menunggu pertumbuhan benih dipersemaian kru BPP Bebesen terus memperbaiki setruktur tanah lahan tanam dengan memberi bahan organik yang kaya agen hayati (Bokasi) dan pupuk kandang.

      HUDAYANI,SP Kasie Kelembagaan dari Bidang Penyuluh Kabupaten Aceh Tengah optimis bahwa peroses pelaksanaan demonstrasi ini akan menjadi acuan dan rekomendasi bagi penyuluh dalam meningkatkan produksivitas petani di wilayah kerja masing-masing.  Kelompok Jabatan Fungsional yang ikut mendampingi jalannya monev ini melihat secara cermat, hendaknya kegiatan ini berlanjut setiap tahun karena banyak manfaatnya dan dilaksanakan juga di awal tahun tentu harus ada percepatan realisasi sarana produksi atau penunjang )*

)* Abdurrahman,Sp

 

Sosial

Sholat

Kota: Banda Aceh
Lat: 5.53
Lng: 95.32