DISTAN KEMBANGKAN PINANG BITARA

Kategori : Government Kamis, 13 Desember 2018

LIPUTAN Abdurrahman

 

Dinas Pertanian Kabupaten Aceh Tengah salurkan bibit tanaman “PINANG “ kepada kelompok tani yang sudah ditetapkan sebagai calon petani / calon lokasi, penetapan CP/Cl berawal dari pengajuan profosal kelompok tani dari wilayah yang termasuk zona pengembangan komoditi dan kemudian ditetapkan menjadi skala prioritas kelompok tani yang menjadi pelaku utama.
Pinang (Viafight forbotanicals.com ) salah satu komoditi perkebunan jenis palma yang banyak tumbuh di daerah Asia, komoditi ini pada umumnya yang dimanfaatkan adalah bagian bijinya sebagai bahan penghasil zat warna merah, bahan penyamak, ramuan pengobat kudis, diare berdarah dan pada daerah tertentu juga digunakan sebagai bahan campuran menyirih.
Komoditi ini mempunyai prospek pemasaran yang sangat baik, oleh sebab itu Dinas Pertanian Kabupaten Aceh Tengah berkeinginan besar mengembangkan di tanah Gayo. Upaya pengembangan ini mendapat dukungan dari penyuluh sebagai pendamping kelompok tani di lapangan. Balai Penyuluhan Pertanian merekomendasi pengembangan komoditas monokotil ini atas pertimbangan kesesuaian lahan, ketiinggian tempat dan permohonan kelompok tani.
Kelompok tani yang mendapat rekomendasi untuk membudidayakan pinang varietas unggul Beutara adalah kelompok tani Batu Merie kampung Paya Tampu Kecamatan Rusip Antara, Ume Belang kampung Karang Ampar Kecamatan Ketol dan Mungkur Kampung Linge kecamatan Linge .
Dinas Pertanian melalui Bidang Perkebunan sudah mengalokasikan 25.454 bibit pinang unggul bersertifikat di tiga kecamatan dalam wilayah kabupaten Aceh Tengah. H.JUANDA,SP Plt.Kepala Dinas Pertanian mengatakan akan terus menambah kuota penyediaan bibit sepenjang petani dan kelompok tani membutuhkan dan siap menanam sesuai target yang diajukan, terutama pada lahan – lahan kosong yang sesuai untuk pertumbuhan komoditi jenis palma ini.

          Usai penanda tanganan berita acara serah terima  dengan para pengurus kelompok tani ternyata masih banyak kelompok tani yang lain berkeinginan memperoleh bibit  pinang bitara  yang berkualitas super ini  dan mereka berharap   tahun 2019 mendatang  Dinas Pertanian Kabupaten Aceh Tengah kembali  melakukab CP/CL dan mengalokasikan anggaran demi kebutuhan sejumlah kelompok pengembang lainnya tutur MAHMUD   seksi  bagian penyalur ke kelompok)* 
)* Abdurrahman,Sp.

 

 

Sosial

Sholat

Kota: Banda Aceh
Lat: 5.53
Lng: 95.32