TEMU LAPANG

Kategori : Government Minggu, 30 Desember 2018

          Farm Field Day adalah pertemuan antar petani, tokoh masyarakat tani, peneliti, penyuluh pertanian, manteri tani dan unsur dari instansi dinas terkait. Dalam kegiatan ini dapat terjalin sebuah komunikasi positif antar pelaku utama dengan semua pihak membahas seputar judul kegiatan yang berlangsungsampai memperoleh sebuah kesimpulan akhir.

     Field Day yang diselenggarakan pada 29 Desember 2018 merupakan tindak lanjut Demfarm “Penggunaan Feeromon Exi pada Komoditas Bawang Merah” di lokasi Spesifik Lokalita kampung Nosar Kecamatan Bintang Kabupaten Aceh Tengah. Demfarm kegiatan Dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh ini terselenggara atas bantuan semua pihak, terutama Demonstrator, penyuluh, manteri tani, dan tokoh masyarakat di sekitar kegiatan.
       Menurut KASIM seorang Demonstrator, Ulat Gerayak yang selama ini menjadi hama penggaggu tanaman bawang merah di bibir pantai Danau Laut Tawar, telah dapat dikendalikan dengan Feeromon Exi. Tentu setelah melalui berbagai upaya pengamatan selama dalam demonsterasinya. Sebuah perjuangan yang luar biasa ditengah cuaca yang begitu ekstrim demonstrator ini bisa menyelamatkan pertumbuhan tanaman bawang merah sampai dipanen. Tentu melalui pola penggunaan fungisida dan obat- obatan sesuai dosis, tepat waktu dan tepat cara.


    Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh yang diwakili SABRI,S.Hut.MM dalam sambutan singkat memberi aprisiasi atas terlaksananya denfarm Bawang Merah di Kabupaten Aceh Tengah. Hudayani,Sp Tim Pelaksana Kegiatan dinyatakan berhasil menempatkan lokasi di bibir pantai Danau Laut Tawar Takengon.

 


      Plt.Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Aceh Tengah H.JUANDA,SP akan berupaya terus memberdayakan petani menjadi seorang “PENANGKAR BENIH BERMUTU” baik tanaman Hortikultura maupun tanaman Pangan di Kabupaten Aceh Tengah. Benih yang dikembangkan tentu yang sudah lulus sensor Uji Adaptasi. Pernyataan ini Bertepatan satu tahun masa kerja Bupati Aceh Tengah Drs. SABELLA ABU BAKAR, Pelaksana tugas Kepala Dinas Pertanian H.JUANDA,SP sangat banyak memberikan motivasi kerja terutama kepada Penyuluh sebagai ujung tombak pembangunan pertanian di Dataran Tinggi Gayo. Pemerintah Daerah akan merencanakan berbagai bidang pengembangan pertanian, tentu harus melalui pendampingan yang sangat ekstra dari petugas lapang baik THL-TBPP maupun ASN dan penyuluh swadaya.
Dalam interaksi temu lapang ini Kepala Bidang Penyuluh Ir.SULWAN AMRI berpesan agar petani sebagai pelaku utama selalu punya kontak kegiatan agar penyuluh bisa memberi rekomendasi penggunaan bibit, pupuk dan sebagainya, untuk menaikan produksivitas tanaman, demikian ketika penulis konpermasi di penghujung acara Temu Lapang ini.)*
)* ABDURRAHMAN/PP-ACEH

 

 

Sosial

Sholat

Kota: Banda Aceh
Lat: 5.53
Lng: 95.32