Distan Aceh Tengah "Monitor" Desa Karang Ampar

Kategori : Government Minggu, 27 Januari 2019

Karang Ampar kecamatan Ketol adalah salah satu desa yang terpencil di kabupaten Aceh Tengah, Pemerintah Daerah dan seluruh Instansi Dinas berupaya terus memberi perhatian terhadap pengembangan segala leading sektor seperti pembangunan pertanian serta pendampingannya, karena pertanian merupakan urat nadi perekonomian masyarakat di pedesaan.
Sekaitan dengan letak geografis dan ketinggian wilayah kampung Karang Ampar yang relatif dibawah 1000 m dpl, maka tidak semua komoditas pertanian dapat dikembangkan di kawasan ini, oleh sebab itu Balai Penyuluhan Pertanian Kecamatan Ketol harus bekerja keras mendampingi kelompok tani dalam menentukan pola tanam serta jenis komoditas yang sepadan dengan keadaan agroklimatologinya.
Melirik hamparan usaha tani masyarakat Karang Ampar Pinang, kopi Robusta dan Durian merupakan komoditas utama yang mereka usahakan, kendati masih ada komoditi kehutanan lainnya.
Plt. Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Aceh Tengah JUANDA,SP didampingi Kepala Bidang Hortikultura TAMRIN,SP dalam kunjungan ke Karang Ampar Sabtu 26 Januari 2019 mengatakan saya optimis kawasan ini dapat juga dikembangkan beberapa jenis tanaman pangan , sayuran dan hortikultura. Setelah dipasilitasi sarana dan prasarana penunjang bagi kelompok tani yang aktif. Dalam merealisasikan rencana-rencana tanam ini juga butuh pendampingan yang maksimal dari penyuluh pertanian di lapangan.
Selain Penyuluh pendamping Reje Kampung beserta aparatur kampung kiranya dapat menjadi motivator bagi petani dalam memanfaatkan “Mesin Pompa Air “ untuk pengembangan berbagai jenis komoditas hortikultura dan Bangunan “ Embung “ juga harus difungsikan dengan menyalurkan airnya ke hamparan sawah yang selama ini tidak produktif tegas ZUANDA dihadapan penyuluh dan Reje Kampung.

Dibawah Gubuk sederhana milik petani , Kepala Balai Penyuluhan Pertanian Ketol bersama tim monitoring Dinas Pertanian kabupaten Aceh Tengah sempat menikmati legitnya rasa buah Durian kelompok tani ARUL KERAMIL Karang Ampar binaan GUSTINA penyuluh penantang alam desa terpencil. )*
)* Abdurrahman,Sp

 

 

Sosial

Sholat

Kota: Banda Aceh
Lat: 5.53
Lng: 95.32