TIM DISNAK ACEH MENGUNJUNGI POKTAN CINTA USAHA

Kategori : Government Kamis, 20 Juni 2019

            Rabu, 19 Juni 2019, Kelompok Tani Cinta Usaha Kampung Paya Tungel Kecamatan Jagong Jeget Kabupaten Aceh Tengah didatangi oleh Tim dari Dinas Peternakan Aceh yang didampingi Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian Kabupaten Aceh Tengah, drh. Ulfah, Ka. UPTD Puskeswan Kecamatan Jagong Jeget drh. Marlina Disky, Ka. BPP Jagong Jeget, Paiman, SP beserta Penyuluh Pertanian BPP Jagong Jeget. Kehadiran Tim dari Provinsi tersebut adalah untuk melakukan peninjauan langsung serta menilai Kelompok Tani tersebut diatas untuk diperlombakan sebagai calon Kelompok Tani terbaik di bidang peternakan tingkat Provinsi. Penilaiannya mencakup dari pengecekan buku-buku administrasi kelompok tani hingga kegiatan-kegiatan kelompok di lapangan, mengisi beberapa kuisioner serta menjawab pertanyaan-pertanyaan dari para Tim yang hadir.

         Menurut penjelasan dari Kepala BPP Jagong Jeget bahwa Kelompok Tani Cinta Usaha ini merupakan salah satu Poktan yang bergerak di bidang integrasi Kopi dengan ternak khususnya Sapi, dimana anggota Poktan tersebut memiliki usahatani tanaman kopi secara organik dengan memanfaatkan kotoran ternak sapi yang dipeliharanya untuk dijadikan pupuk organik, dan juga manfaat lain dari kotoran ternak sapi tersebut dijadikan sebagai bahan baku untuk pembuatan biogas secara sederhana namun sangat berguna bagi anggota poktan tersebut. Poktan ini juga sangat rutin melakukan pertemuan kelompok tani bersama Penyuluh Pendamping dan sering melaksanakan kegiatan usahatani kelompok secara bergotong royong.

 

        Pengakuan dari salah satu anggota poktan Aris Supriyanto mengucapkan syukur Alhamdulillah kami dikunjungi oleh para Tim dari Dinas Peternakan Aceh untuk dijadikan salah satu calon Poktan ternak terbaik di tingkat Provinsi. Pada tahun yang lalu, Kelompok Tani Ternak Terbaik tingkat Provinsi adalah berasal dari Poktan di Kecamatan Jagong Jeget juga yakni Poktan Giri Mulyo. Maka dari Poktan itulah kami belajar dan tanpa bimbingan dari para PPL pendamping kami tidak akan dapat seperti ini.

        Kecamatan Jagong Jeget sendiri sangat layak dikembangkan budidaya kopi secara organik serta ternak sapi yang dipelihara di sini juga sangat cocok dan berkembang dengan sangat baik. Tidak terkecuali, ketersediaan rumput pakan ternak di daerah ini sangat berlimpah sehingga kecukupan pakan ternak sudah memadai. (FT-LL)

 

 

Sosial

Sholat

Kota: Banda Aceh
Lat: 5.53
Lng: 95.32