TIM TEKNIS MELAKUKAN SURVEY CETAK SAWAH BARU KE LINGE

Kategori : Government Kamis, 20 Juni 2019

           Pada tahun ini Kampung Linge merupakan salah satu sasaran dari Pemerintah Daerah Kabupaten Aceh Tengah melalui Dinas Pertanian Kabupaten Aceh Tengah untuk dapat mengembangkan perluasan areal persawahan dengan kegiatan cetak persawahan pada tahun 2020 mendatang, wilayah tersebut merupakan masih wilayah kerja Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Ketapang Kecamatan Linge. Pada tanggal 19 Juni 2019 yang lalu, tim Dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh hadir untuk melakukan survey kelayakan untuk program tersebut langsung ke calon lokasi didampingi oleh tim teknis dari Dinas Pertanian Kabupaten Aceh Tengah, Adi Zulfan, Penyuluh Pendamping BPP Ketapang, Pathun beserta beberapa anggota Kelompok Tani.

           Adapun masyarakat Linge khususnya Kecamatan Linge selama ini menanam padi dengan menggunakan varietas unggul yakni Ciherang, dimana terbukti tanaman padi Ciherang tersebut sangat cocok dikembangkan di dataran rendah seperti Kecamatan Linge pada umumnya dan menghasilkan produktivitas yang tinggi.

         Dari hasil pengamatan Tim tersebut diatas sangat berpotensial untuk dapat dikembangkan sebab calon lokasi yang ditinjau tersebut didukung oleh sumber air yang memadai sehingga diharapkan dengan perluasan sekitar + 200 Ha areal sawah ini nantinya layak untuk ditingkatkan Indeks Pertanaman (IP) mencapai 300, dengan kata lain dapat dilakukan tanam padi 3 kali dalam setahun. Pada tahun 2018 yang lalu juga telah dilakukan survey kelayakan oleh Tim dari Universitas Malikussaleh Lhokseumawe yang dihadiri oleh Dr. Halim Akbar selaku Dosen serta pakar ilmu tanah, dimana beliau meninjau komposis jenis tanah serta mencari sumber air serta ketinggian lahan calon lokasi cetak sawah baru tersebut.

        Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Aceh Tengah, H. Juanda, SP yang kami (penulis) temui di ruangannya mengatakan bahwa dari pihak kami sangat mendukung Program Cetak Sawah baru ini dan sangat berharap dapat terealisasi pada tahun 2020 mendatang sebab dengan diperluasnya areal persawahan di calon lokasi tersebut secara signifikant dapat menambah Luas Tambah Tanam (LTT) di Kecamatan Linge khususnya dan di Kabupaten Aceh Tengah secara umumnya. Dan juga, beliau berharap kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Aceh Tengah dapat mencanangkan pembukaan jalan lintasan baru dari Kampung Serule Kecamatan Bintang menuju Kampung Jamat Kecamatan Linge, dimana posisi calon lokasi percetakan sawah baru ini berada diantara ditengah-tengahnya. Sehingga masyarakat yang nantinya sebagai petani sawah tersebut tidak mengalami kendala dalam hal transportasi. Kampung Serule dan Kampung Jamat merupakan salah satu Kampung yang lokasinya terpencil, hingga dengan adanya jalan baru tersebut maka masyarakat setempat tidak merasa terisolir.

        Selain Kecamatan Linge yang dilakukan survey cetak sawah baru tersebut, Kecamatan Bintang tepatnya di Kampung Serule juga dilakukan survey oleh tim tersebut diatas yang luas areal sawahnya yang akan direncanakan seluas + 60 Ha, ini dijelaskan oleh Ka. BPP Bintang, Albar dan Penyuluh Pendampingnya, Selamat Perwira. (FT-LL).

 

Sosial

Sholat

Kota: Banda Aceh
Lat: 5.53
Lng: 95.32