DISTAN ACEH TENGAH MERAIH PRESTASI “EXPOTER 2019”

Kategori : Government Senin, 15 Juli 2019

         Minggu, 14 Juli 2019 Tim Expo Ternak 2019 Dinas Pertanian Kabupaten Aceh Tengah berhasil meraih kejuaraan dari berbagai katagori kontes ternak yang diselenggarakan di Blang Pidie Aceh Barat Daya 11 – 14 Juli 2019.
Dari duabelas katagori kontes yang diperlombakan dalam Expoter se-Provinsi Aceh, Tim Expo Dinas Pertanian Kabupaten Aceh Tengah menampilkan “sembilan “ katagori ternak yang menjadi Unggulan dan harapan yang tidak diragukan.
          Dengan kerja keras dan persiapan yang matang Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan drh.HULFA, MP dan seluruh Tim Expoter 2019 dari Dinas Pertanian Kabupaten Aceh Tengah berhasil menampilkan ternak – ternak terbaik dataran Tinggi Gayo ikut dalam ajang Lomba expo ternak se-provinsi Aceh.
Kendatipun Juara Umum berada dalam genggaman tuan rumah Aceh Barat Daya, namun Aceh Tengah juga patut dibanggakan sebagai Tim yang sukeses membidani sebelas kejuaraan dalam even Expoter tahun ini.
1. Katagori Kontes SAFI JANTAN “JUARA I “ dengan berat 193 kg milik petani DEDI ARISKA dari Arul Gele Silih Nara.
2. Katagori Kontes KEBAU BEBAS “JUARA I “ dengan berat badan 1.004 kg milik SUPANGAT dari Arul Gele Silih Nara
3. Katagori Kontes KERBAU JANTAN “JUARA I ” berat badan 742 kg milik WAHYUDIN dari Arul Gele Silih Nara.
4. Katagori Kontes KUDA JANTAN “JUARA I “ Berat badan 270 kg milik SAIFULLAH dari Asir-Asir Lut Tawar.
5. Katagori Kontes SAPI BALI BETINA “JUARA II” Berat 447 kg milik FADLI Penyuluh Pertanian Aceh Tengah dari Kebet Bebesen.
6. Katagori Kontes SAPI SIMENTAL BETINA “JUARA II” Berat Badan 426 kg milik “FIRDAUS SYAHRIADI” dari Kung Pegasing
7. Katagori Kontes KAMBING PE “JUARA II” Panjang Badan 94 Cm milik HAMDAN dari Rusip Antara
8. Katagori Kontes SAPI SIMENTAL JANTAN “JUARA IV “ Berat badan 740 kg milik SAFWAN Bebesen .
9. Katagori Kontes SAPI ACEH BETINA “JUARA IV “ Berat 347 kg milik HUSNA BUDI dari SGenting Gerbang Silih Nara

      


        Selain perlombaan terhadap sembilan katagori ternak, ada juga lomba Kelompok Tani Peternak. Aceh Tengah merebut “JUARA I” atas nama kelompok tani SEJAHTERA CIPTA USAHA dari Jagong Jeget.
Kemudian Lomba Stand Pameran yang menampilkan beragam hasil kreatifitas pembangunan pertanian , STAND Dinas Pertanian Kabupaten Aceh Tengah meraih “JUARA II “.
       Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Aceh Tengah JUANDA,SP memberi aperisiasi kepada Tim Expo Ternak yang sudah berhasil membawa ternak milik petani dataran Tinggi Gayo ke ajang perlombaan yang dapat menjadi tolok ukur keberhasilan pembangunan pertanian dan peternakan di kabupaten Aceh Tengah.
Keberhasilan kejuaraan kontes ini tidak terlepas dari kerja sama dan keja keras antara petugas dan petani pemilik ternak dan jangan terlalu merasa puas dengan keberhasilan kontes ini, akan tetapi kita harus terus menumbuh kembangkan minat petani pelaku utama untuk berternak sesuai petunjuk dan teknis yang lebih menguntungkan dimasa mendatang, harapan JUANDA pada saat pelepasan keberangkatan Tim Expoter beberapa hari yang lalu)*

)*ABDURRAHMAN,SP

 

Sosial

Sholat

Kota: Banda Aceh
Lat: 5.53
Lng: 95.32