SENTUHAN “ PENYULUH” KAWASAN TERPENCIL

Kategori : Government Sabtu, 31 Agustus 2019

                                                                      Dok.Pribadi

     Akses jalan dan jarak tempuh menuju wilayah kerja penyuluh pertanian di suatu daerah merupakan salah satu alasan menjadikan desa tersebut tergolong “kawasan terpencil atu tidak “. Bagi SIRWANDI penyuluh pertanian Kecamatan Pegasing tetap bersemangat dan bertanggung jawab penuh menumbuh kembangkan kelompok tani yang bergeliat pada komoditi Kopi Arabika, kendati perjalanan menuju desa binaannya harus melewati kecamatan Atu Lintang dan kecamatan Jagong Jeget menembus dinginnya salju awan putih di puncak gunung Kekelip bur Jejem Atu Lintang.
Akhir Agustus 2019 Koordinator Jabatan Fungsional Ir. SAMPIT TARIGAN dkk bersama kasie Kelembagaan Dinas Pertanian kabupatennAceh Tengah TUMIASIH melakukan monitoring evaluasi kinerja penyuluh yang secara kebetulan berada pada daerah terpencil , tim monev langsung berinteraksi dengan anggota kelompok tani dan ternyata mereka benar sudah tersentuh tangan lisan dari seorang penyuluh.
Kelompok tani BUGE MUJADI binaan Thl-TBPP Sirwandi ternyata bijak memanfaatkan waktu pertemuan dengan Tim monitoring Dinas Pertanian , mereka bertanyak dan menggali berbagai ilmu terapan di lapangan, sehingga tim monitoring memaparkan tekhnik budidaya tanaman kopi berkelanjutan dengan memperkenalkan “ standar budidaya Kopi organik”.

Dok.Pribadi

          Pada penghujung acara atas permintaan petani kopi kawasan terpencil kecamatan Pegasing ini SAMPIT juga mendemonstrasikan beberapa teknik pemangkasan yang sesuai dengan kondisi dan umur tanaman. Apabbila salah dalam menentukan kriteria cabang produksi yang dipelihara bagi tanaman kopi akan menyebabkan penyimpangan produksi jauh dari yang diharapkan, oleh sebab itu ketelitian melakukan eksk usi pemotongan cabang adalah mutlak harus dikuasai oleh petani pemangkas kopi.
Mereka petani pelaku utama dan bagian dari produsen kopi Arabika di dataran tinggi Gayo Aceh Tengah tidak merasa tersisih dari petani lain kendati berada pada titik terjauh dari Balai Penyuluhan Pertanian BPP Pegasing, hal ini disebabkan terasa adanya keaktipan penyuluh pertanian yang mendampingi aktivitas keseharian di Berawang Baro.)
)* Abdurrahman,Sp

 

 

 

 

 

 

 

Sosial

Sholat

Kota: Banda Aceh
Lat: 5.53
Lng: 95.32