KUNJUNGAN TAMU DARI TAIWAN

Kategori : Government Jumat, 06 September 2019

Dok.Distan

     Takengon, 2 - 6 September 2019 Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Aceh Tengah JUANDA,SP menerima delapan tamu warga negara Taiwan dari pengusaha yang profesional bidang pertanian ingin menjalin kerja sama beberapa komoditas hasil pertanian dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Aceh Tengah Provinsi Aceh Sumatera. Tamu dari Buyer ini ingin melihat dari dekat potensi hasil pertanian dataran tinggi Gayo apakah aman dikonsumsi berada dalam “batas maksimum residu (organik) yang dirangkai dalam berbagai pertanyaan wawancara mengarah kepada tehnik pengendalian hama penyakit tanaman alpokad selama dalam peroses budidaya yang dilakukan oleh petani pelaku utama.
Mereka butuh kerja sama pemasaran komoditas tanaman Teh, Nenas dan Alpokad kendatipun tanaman Teh selama ini belum berkembang pembudidayaannya di kota dingin Takengon, namun kepada mereka tetap ditunjukan kawasan yang berfotensi untuk pengembangan setelah punya perospek dan peluang pasar menjanjikan bagi kesejahteraan petani.

1. Melihat kebun Teh Kecamatan Atu Lintang


      Tanaman Teh (Camellia sinensis) adalah spesies tanaman yang daun dan pucuk daunnya digunakan untuk membuat teh minuman . Tumbuhan ini termasuk genus Camellia, suatu genus tumbuhan berbunga dari famili Theaceae. Teh tumbuh di daerah tropis dengan ketinggian antara 200 - 2000 meter diatas permukaan laut. Suhu cuaca antara 14 - 25 derajat celsius.

  

Dok.Distan

       Kecamatan Atu Lintang ada beberapa petani yang bergeliat membudidayakan tanaman Teh, sehingga tamu Pemerintah Daerah ini diantar menuju lokasi dan melihat dari dekat hasil pemetikan daun Teh oleh petani pelaku utama. Pada waktu dan momen yang sama H.JUANDA juga memperkenalkan produk unggulan komoditas lain tanaman bawang putih lokal di kecamatan Jagong Jeget, panen bersama kelompok tani bawang putih ini sangat mengesankan bagi tamu asal Taiwan ini.


2. Melihat Kebun Nenas Kecamatan Pegasing


      Nenas adalah sejenis tumbuhan tropis yang berasal dari Brasil, Bolivia, dan Paraguay Tumbuhan ini termasuk dalam familia nanas-nanasan. Perawakan tumbuhannya rendah dan biasanya ada 30 atau lebih daun yang panjang, berujung tajam, tersusun dalam bentuk roset mengelilingi batang yang tebal. Tanaman bersisik naga ini di Kabupaten Aceh Tengah dominan dikembangkan di kecamatan Pegasing Belang Bebangka dan sekitarnya. Rasa dan aroma khas sudah tidak diragukan lagi karena lulus dalam kontes buah pada even Pekan Nasional Kontak Tani Nelayan Andalan (Penas KTNA) tahun 2017 lalu.
Buah dan hasil olahan Nenas ini dalam agenda kesepakatan akan di ekspor ke negara Cina bersama eksportir yang mereka hadirkan ke Aceh Tengah nantinya dan serangkaian dengan itu mereka juga akan mempasilitasi industri pengolahan Nenas sehingga Nenas punya prospek lebih baik nantinya.

3. Melihat Kebun Alpokad di Sintep Kecamatan Bintang


     Alpokad (Persea americana) sudah berkembang diseluruh kawasan pelosok kabupaten Aceh Tengah, sehingga ketersediaan buah untuk dieksport sudah tidak diragukan lagi. Sembari melihat kondisi kebun alpokad di Kecamatan Bintang mereka wawancara langsung dengan petani pelaku utama tentang tekhnik budidaya dan cara panen serta penanganan pasca panen yang mengurangi kerusakan buah. Muslih petani yang berbudidaya alpokad ramah lingkungan di Sintep Kelitu membeberkan aktivitas kesehariannya bersama tanaman Alpokad membuat tamu asal Taiwan ini tersenyum dan menabur harapan keberhasilan agenda kunjungan di pinggiran danau laut Tawar itu.

Dok.Distan

       Pada closing meeting bersama tamu pengincar produk komoditi unggulan Alpokad Gayo di ruang Dinas Pertanian Kabupaten Aceh Tengah terjalin kerja sama dengan beberapa kesepakatan seperti kuota pengiriman untuk tahap awal 1000 ton per musim panen, angka ini belum mengkaper seluruh estimasi panen yang ada. Selama ini petani hanya menjual kepada agen pasar domestik Banda Aceh, Medan sumatera Utara dan Padang Sumatera Barat.
Selain Kuota juga dijalin harga jual yang layak pada setiap musim panen, standar oprasional prosedur pemanenan buah dengan alat yang efektif sehingga buah tidak rusak dan terkontaminasi ke tanah. Pemakingan buah sudah menjadi keharusan menghindari kerusakan selama dalam pengangkutan dan pengapalan.
Melalui Muo kerja sama dengan Buyer ini diharapkan akan meningkatkan semangat kerja petani pelaku utama komoditas unggulan Alpokad Aceh Tengah dan dapat dipastikan akan menambah income pendapatan petani menuju kesejahteraan, demikian disampaikan kepala Dinas Pertanian Kabupaten Aceh Tengah JUANDA, SP kepada beberapa sumber media yang ingin mempublikasikan kunjungan tamu asal negara Taiwan ini ) *
)* Abdrrahman, Sp

 

Sosial

Sholat

Kota: Banda Aceh
Lat: 5.53
Lng: 95.32